Komponis Dunia


Pada awalnya music berdasarkan pada satu nada atau lagu. Kemudian beberapa nada digabungkan menjadi satu nyanyian atau sepotong music. Komponis pertama yang berhasi menggabungkan aneka nada adalah Palestrina dari Italia dan William Byrd dari Inggris.

·       Johan S. Bach

Johan Sebastian Bach, lahir di Jerman tahun 1685 di sebuah keluarga musikus. Ia mengawali karirnya dengan menjadi pemain organ gereja. Saat itu, ia berhasil menggubah prelude (bagian pembukaan) organ dan fugues (bagian yang digubah agar menjadi kontras). Sebagai seorang pemain organ, ia telah menggubah banyak music gereja, diantaranya St. Matthew dan St. John Passions, dan “Mass in B minor”
Ia kemudian dikukuhkan menjadi musikus di istana Cothen. Ia kemudian mempunyai tiga anak, dimana ketiga anaknya juga mengikuti jejaknya sebagai musikus terkenal. Mereka adalah Wilhelm Friedmann, Carl Philipp Emanuel, dan Johann Christian.

·         George Frederick Handel

George Frederick Handel, lahir di Jerman tahun 1685, yang kemudian menetap di Inggris tahun 1771. Ia adalah seorang komponis opera dengan oratorio (gubahan lagu untuk nyanyian dan orkes) yang bersifat keagamaan, dan menciptakan karya yang merupakan perpaduan antara gaya Jerman, Italia, dan Inggris. Karyanya yang terkenal di antaranya Israel di Mesir, Samson, dan Judas Maccabeus.
Namun, Raja George I yang saat itu berkuasa di Jerman tidak menyukainya, sebab ia meninggalkan tanah Jerman. Namun kemudian ia diampuni karena berhasil menggubah salah satu music termashur, yaiitu “Musik Air” untuk keperluan pesta air kerajaan diatas sungai Thames, London.

·         Joseph Hydn

Joseph Hydn, lahir di Wina, Austria tahun 1732 di sebuah keluarga yang kurang mampu. Ia mengawali karirnya dengan menjadi salah satu anggota paduan suara gereja saat masih kanak-kanak, kemudian menjadi anggota band keliling, mengajar music, dan menggubah lagu saat remaja.  
Tahun 1761, ia kemudian diangkat menjadi pemimpin musik orkes oleh seorang keluarga kaya Esterhazy. Dari sinilah ia menciptakan banyak karya-karya seperti symponi dan opera, diantaranya oratorio “Penciptaan” dan “Musim-musim”.Pada masa selanjutnya, karya-karya Hydn banyak ditiru oleh komponis sesudahnya untuk dijadikan sebagai inspirasi.


·         Wolgang A. Mozart

Komponis terhebat di dunia, Wolgang Ameudeues Mozart, lahir tahun 1756 di Austria. Ia sudah bermusik sejak umur 5 tahun ketika mengikuti tour musik ayahnya ke istana-istana di Eropa. Ia mulai menggubah musik pada umur 12 tahun. Karya-karyanya berupa opera, simfoni, sonata, dan orkes, seperti “Symphony Of a Thousand” dan “Perkawinan Figaro”. Karya yang terakhir ia ciptakan sebelum meninggal adalah “Misa Requim”.
Peristiwa yang sangat mengharukan darinya adalah ketika sahabatnya menemukan dirinya sedang berdansa dengan istrinya hanya sekedar untuk menghangatkan badan, karena ia tak mampu menyalakan perapian. Ia kemudian meninggal pada tahun 1791.

·         Ludwig van Beethoven

Ludwig van Beethoven, atau yang lebih dikenal dengan panggilan Beethoven, lahir di Jerman tahun 1770. Pada usia yang masih sangat muda, ia sudah menjadi musikus yang handal.
Pada usia 20 tahun, ia pindah di Wina untuk belajar dari Hydn. Dari sinilah lahir karya-karya simfoni, sonata, dan nyanyian. Menurut kebanyakan orang, karya terbaiknya adalah simfoni kesembilan.
Namun, ia kemudian mengalami tuli, hingga tak dapat memainkan piano ketika konser. Puncaknya adalah ketika ia menggubah sebuah opera “Fidellio”, ia mengalami tuli total. Tetapi, tuli yang dialaminya tidak menghalanginya untuk tetap menggubah dan memimpin konser. Ia akhirnya meninggal pada tahun 1827.

·         Franz Schubert

Franz Schubert adalah anak seorang guru yang lahir di Austria, tahun 1797. Ia mulai menggubah lagu pada usia 13 tahun. Ia juga pernah mencoba mengajar di sekolah ayahnya, namun kegiatan itu tidak berlangsung lama karena ia tidak terlalu menyukainya. Akhirnya, ia beralih ke bidang musik. Dari sinilah ia mulai mendapatkan penghasilan yang lumayan, namun ia belum dapat mengangkat status keluarganya yang saat itu termasuk keluarga miskin.
Salah satu lagu ciptaannya yang sangat terkenal adalah “Earl King”, dimana lagu ini menceritakan perjuangan seorang ayah yang memeluk anaknya sambil menunggang kuda dalam usahanya yang sia-sia menyelamatkan anaknya dari kematian. Karya Schubert yang lainnya berupa simfoni, tetapi karya-karyanya lebih didominasi oleh lagu-lagu yang dimainkan bersama piano. Ia akhirnya meninggal dalam usia yang muda, yakni 31 tahun.


·         Frederic Francois Chopin

Frederic Francois Chopin, lahir di Warsawa, Polandia tahin 1810. Ia seorang pianis yang hebat, hal ini dibuktikan dengan karya-karyanya yang kebanyakan untuk piano.
Karya-karya musiknya bersifat ceria dan riang, seperti mazurka, walsa, dan polonaise. Namun, karakter musiknya ini sangat berbeda dengan karakter dirinya yang pemurung. Hal ini yang membuat karya-karya Chopin sangat berbeda dengan komponis-komponis pada zamannya. Ia akhirnya meninggal pada tahun 1849.