Penjelajah Dunia



Perjalanan melewati laut sudah dikenal sejak dulu. Ketika orang belum mengenal pesawat udara, untuk melakukan perjalanan jarak jauh antarbenua digunakan jalur lautdengan menggunakan kapal. Ada kapallayar bermesin dan ada pula kapal layar tradisional.
Tokoh-tokoh penjelajah dunia yang telah melakukan pelayaran di beberapa belahan bahkan keliling dunia yang terkenal adalah sebagai berikut.

·         Marco Polo (1254-1324)

Perjalanan berawal dari Venesia pada tahun 1271. Ia beserta ayah dan pamannya mengitari samudra luas melewati Persia (Iran), Afghanistan, serta utara Tibet sampai akhirnya ia tiba di Peking (Cina). Saat berada di Peking, mereka menjadi tamu kehormatan kaisar Kubilai Khan.
Setelah itu ia singgah ke Burma kemudian memutuskan untuk pulang dengan menyusuri semenanjung India, melewati Persia. Namun, 3 tahun berselang, Marco Polo menjadi tawanan ketika terjadi pertempuran laut antara Venesia dan Genoa. Saat menjadi tawanan, ia menceritakan kisah penjelajahannya kepada rekan sepenjaranya. Diwaktu yang sama ia juga menulis sebuah buku tentang perjalanan hidupnya yang berjudul “Perjalanan Marco Polo”.


·         John dan Sebastian Cabot

John Cabot lahir di Genoa, Italia (1450-1498). Pelayarannya telah sampai di Amerika Utara dan kemungkinan ia telah sampai di benua Amerika sebelum Colombus menemukan benua Amerika. Ia berlayar bersama anaknya, Sebastian Cabot, dengan harapan menemukan jalur perdagangan baru ke Asia Tenggara. Namun, yang ia temukan kemungkinan adalah New Fouland dan Labrador.
Tahun berikutnya ia kembali berlayar hingga ke pantai Amerika Selatan. Namun, ia meninggal saat di perjalanan sebelum ia kembali. Akhirnya, pada tahun 1509, Bastian melanjutkan pelayaran dengan tujuan mencari lintas barat laut menuju China, hingga sampai ke Teluk Hudson.

·         Bartholomeus Diaz

Penjelajah asal Portugis ini adalah penjelajah pertama yang sampai di bagian barat Afrika pada tahun 1484. Mereka berlayar dengan tujuan mencari emas dan mencari jalur laut menuju India. Diaz berlayar menyusuri Kongo ke arah selatan dan menemukan Tanjung Harapan. Ia mengelilingi tanjung tersebut sampai ke Great Fish River. Diaz berlayar menyusuri pantai sampai sejauh 200 km lebih.





·         Columbus (1451-1506)

Pelaut ini meyakini dunia bulat, maka dari pemikiran itu ia berlayar menuju ke arah barat agar dapat mencapai Asia. Pelaut ini dianggap sebagai penemu benua Amerika dan Hindia Barat. Pada tahun 1492 atas biaya raja Spanyol, Columbus mengarungi samudra Atlantik, hingga sampai di Kepulauan Bahama di seberang pantai Amerika.
Pada tahun 1498, ia berhasil sampai ke Amerika Selatan. Kesuksesannya ini membuat beberapa bawahannya menjadi kurang senang hingga akhirnya ia menjadi tawanan di Spanyol.



·         Vasco da Gama (1460-1525)

Pelaut ini berasal dari Portugis. Penjelajahan dilakukannya sebagai misi lanjutan dari pelaut-pelaut sebelumnya, yakni Diaz dan Diogo Cam. Misi itu adalah mencari jalur laut dari Eropa menuju India.
Penjelajahan itu ia mulai dari Lisbon (Portugal) dan berlayar menuju ke Cape Verde Island (Kepulauan Tanjung Hijau), lalu menyusur ke selatan dan sampai ke Tanjung Harapan, setelah itu menuju ke pantai timur jauh ke utara sampai Malindi (Kenya). Penjelajahan itu kemudian dilanjutkan pada tahun 1499 dengan menyusuri Samudra Hindia hingga sampai di pantai barat daya India pada tahun yang sama. Ia kembali ke Portugal pada tahun 1499 dan disambut dengan penuh rasa hormat. Ia kemudian kembali berlayar ke India pada tahun 1502 dan 1524.

·         Ferdinand Magellan (1480-1521)

Pelaut ini juga berasal dari Portugis. Perjalanannya yakni dengan mengarungi Samudra Atlantik menuju ke barat Hindia Belanda, dengan melewati sepanjang ujung Amerika Selatan. Ia melalui Samudra Pasifik dan singgah di Filipina. Namun, dia terbunuh di Filipina akibat berselisih dengan penduduk setempat. Akhirnya penjelajahan dilanjutkan oleh anak buahnya.


·         Jacques Cartier (1491-1557)

Pelaut ini berkebangsaan Perancis. Dalam pelayarannya, ia mencoba melintasi barat-laut ke China mengitari Amerika Utara, tetapi ia mengalami kegagalan.
Pada tahun 1536, ia mencoba berlayar lagi dan menemukan Teluk dan Sungai St. Lawrence. Keterangan yang diperoleh dari suku Indian bahwa ia telah sampai ke Kanada.





·         Cortes (1485-1547)

Cortes merupakan pemimpin ekspedisi dan menemukan Mexico dalam penjelajahannya pada tahun 1518. Pada saat tiba di Mexico, suku Aztex di Tenochtitlan menerimanya dengan hormat.Namun, suku Aztex dapat dikuasai dan hingga akhirnya Cortes berhasil menaklukkan seluruh wilayah Mexico untuk Raja Spanyol. Ia berkuasa di Mexico selama sepuluh tahun.



·         Sir Francis Drake (1543-1596)

Sir Francis Drake meruapakan pelaut berkebangsaan inggris dan sekaligus merupakan orang inggris pertama yang melakukan penjelajahan mengelilingi dunia. Ia memulai perjalanannya pada tahun 1557 dengan mengelilingi Amerika Selatan dan sampai ke Pantai Pasifik di Amerika Utara. Ia kembali ke Inggris melalui Filipina dan Tanjung Harapan di Afrika Selatan.
Tahun 1588, ia ditugasi sebagai Panglima yang memperkuat armada Kerajaan Inggris saat armada laut Spanyol menyerbu Inggris.





·         Henry Hudson (1550-1611)
Henry Hudson, seorang pelaut Inggris yang mencari jalur ke arah barat dari Eropa ke Asia. Hal ini ia lakukan karena ia menganggap bahwa ada jalur laut yang dapat dilalui dari ujung Amerika Utara yang disebut lintas barat laut.
Ia sampai di Amerika Utara dan Kutub Utara Kanada. Mereka mengalami kesukaran hebat karena harus berjuang di Kutub Utara selama musim salju. Para awak kapalnya membelot dan meninggalkan Hudson beserta anak buahnya yang masih setia kepada Hudson karena tak tahan dengan keadaan kapal yang terapung-apung dengan keadaan terbuka. Sampai akhirnya, mereka tak pernah ditemukan.